--> Skip to main content

Cara penggantian kompresor ac split

cara mengganti kompresor ac
penggantian kompresor ac split


kompresor merupakan bagian yang penting dalam sebuah mesin pendingin termasuk unit ac. tanpa adanya kompresor maka proses pendinginan tidak akan terjadi. sama seperti hal nya jika kompresor mengalami kerusakan tentunya akan menghambat proses pendinginan.

fungsi dari kompresor itu sendiri adalah sebagai alat kompresi refrigrant atau freon dan mengalirkan freon dari unit outdoor menuju indoor begitu juga sebaliknya. kerusakan kompresor pun ada beberapa macam seperti kompresor overheat, kompresor macet, kompresor short body dll.

pada artikel kali ini saya akan membahas langkah - langkah ketika ingin melakukan penggantian kompresor ac split. ada beberapa alat yang diperlukan untuk melakukan penggantian kompresor diantaranya

  1. alat las 
  2. tabung oxygen dan gas ( bisa memakai gas portable )
  3. perak
  4. filter 
  5. pipa kapiler

Langkah - langkah penggantian kompresor ac split


cara mengganti kompresor ac


1. Lepaskan seluruh body outdoor dan sisakan hanya bagian yang ada di kompresor nya saja agar panas dari alat las tidak mengenai bagian yang lain

2. setelah body outdoor dilepas, nyalakan alat las dan arah kan ke pipa discharge dan pipa suction di kompresor kemudian lepas pipa tersebut perlahan.

3. angkat kompresor dan lepaskan 3 buah mur yang ada di kaki kompresor dengan menggunakan kunci 12/13

4. lepaskan pipa kapiler dan filter 

5. lakukan flushing kondensor sebelum memasang kompresor

6. setelah dipastikan kondensor sudah bersih kemudian pasangkan kompresor yang ingin diganti. pasangkan juga pipa kapiler dan filternya

7. setelah semua selesai di las, kemudian tes dan pastikan tidak ada kebocoran.

8. setelah dipastikan semua aman langkah selanjutnya adalah melakukan vakum unit selama 20 - 30 menit agar udara yang masih terjebak dapat terbuang.

9. langkah selanjutnya tinggal menyalakan unit dan isi freon nya sesuai tekanan dan jangan lupa perhatikan ampere kompresornya sesuaikan dengan tekanan freonnya.

standard tekanan freon ac R32, R410 dan R22

demikian artikel tentang langkah - langkah melakukan penggantian kompresor ac split. semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar