Skip to main content

cara mengatasi ac yang sering mati sendiri dan berkedip

hallo sobat pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara mengatasi ac yang mati sendiri dan penyebabnya. 


pernahkah anda menemukan ac yang sering mati sendiri atau mungkin anda sedang menangani masalah ac yang sering mati sendiri ? jika iya mudah - mudahan artikel ini bisa membantu sobat dalam mengatasi kerusakan ac tersebut.

menurut pengalaman di lapangan dan informasi dari rekan - rekan teknisi hal seperti ini memang sering terjadi. hal tersebut menandakan bahwa salah satu komponen pada unit ac tidak bekerja dengan baik sehingga pcb atau modul control melakukan protec pada unit ac biasanya di tandai dengan ac yang mati sendiri dan berkedip pada display indoor sebagai contoh seperti unit ac panasonic yang berkedip pada timernya.


 penyebab ac yang sering mati sendiri
kerusakan seperti itu bisa disebabkan dari beberapa komponen, mari kita cek satu persatu

1. Thermistor ac sudah tidak berfungsi

    fungsi dari thermistor ini adalah sebagai pengatur suhu otomatis pada ac, keruskan ini terjadi karena massa dari thermis sudah habis dan biasanya jika terjadi kerusakan pada thermistor unit ac menjadi mati sendiri dan berkedip pada lampu di display atau lampu timer. Hal ini biasa terjadi pada ac panasonic dan samsung tetapi bisa juga terjadi pada merk-merk lain.

2. switch atau tombol on off tidak normal
     
    kerusakan ini biasa terjadi pada ac merk-merk lama atau ac yang sudah tua usianya. switch on off yang bermasalah dapat juga menyebabkan unit ac menjadi mati sendiri.

3. error pada modul atau pcb control

    untuk kerusakan ini bisa terjadi karena AC terkena tegangan tinggi atau voltase listrik rendah dan tidak stabil. untuk tegangan listrik yang stabil pada ac yaitu 220v jika tegangan lebih tinggi atau rendah dan tidak stabil dapat menyebabkan beberapa komponen dalam pcb menjadi konsleting. untuk mengatasinya bisa di ukur dengan multitester dan menelusuri jalur pada pcb yang konsleting.

4. timer menyala

    kerusakan ini sangat sering terjadi, biasanya penguna  AC menyalakan timer dan lupa mematikannya. untuk mengatasinya cukup dengan mematikan timer melalui remote dan menyalakan AC kembali tapi apabila lampu timer masih hidup dan berkedip itu menandakan bahwa salah satu komponen pada ac tidak bekerja dengan baik.

itulah beberapa penyebab ac yang sering mati sendiri, mudah-mudahan bisa membatu sobat dalam menganalisa kerusakan tersebut. 

salam dingin


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar