--> Skip to main content

cara mengatasi kode error H3 pada AC Sharp terbaru

hallo rekan - rekan pembaca semoga dalam keadaan sehat dan dilancarkan rezekinya😁.
kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam mengatasi kode H3 pada ac sharp.


ac sharp kode h3
ac sharp kode h3

berdasarkan pengalaman di lapangan dan informasi dari rekan - rekan teknisi, kode H3 pada ac sharp terjadi karena masalah pada suhu temperature tinggi.

beberapa penyebab ketika ac sharp kode H3 dan cara mengatasinya :

hal yang pertama di lakukan :
coba cabut colokan listrik/turunkan mcb listrik selama 5 menit lalu nyalakan kembali unit ac
jika masih timbul kode H3 cek masing - masing penyebabnya di bawah ini :


1. unit kotor 
ac sharp kode H3


   
Cek apakah unit indoor dan outdoor kotor atau tidak, jika unit kotor segera lakukan cleaning setelah itu cek ampere kompresor dan tekanan freon. untuk freon jenis R32 tekanan normalnya 150 psi dan ampere bisa disesuaikan pada name plate di outdoor.
baca juga : bahaya jika ac tidak di service atau cuci

2. thermitor rusak
    
cek thermistor apakah masih bagus atau tidak bisa di ukur dengan multitester digital atau analog nilai ohm masing -masing thermistor. nilai ohm pada termistor sekitar 8k. termistor di ac split berfungsi sebagai sensor pendeteksi suhu di ac dan juga berfungsi sebagai pemutus arus kompresor. untuk info selengkapnya mengenai fungsi dari thermistor atau termis ac tersebut silahkan membaca artikel saya sebelumnya di bawah ini



3.  Voltase drop
ac sharp kode H3
volatase yang rendah menyebabkan kinerja mesin kompresor menjadi berat sehingga kompresor menjadi cepat panas atau overheat. untuk voltase normal yang di butuhkan pada unit ac adalah 220 volt.

4. Kompresor overheat atau panas

ac sharp kode h3

    
kompresor yang over heat terjadi karena beberapa penyebab yaitu voltase drop, oli kompresor yang sudah kering atau kurang, saluran refrigrant buntu pada kapiler, running kapasitor kompresor rusak, unit kotor, fan outdoor berputar pelan sehingga panas dari kondensor tidak terbuang sempurna atau sirkulasi udara pada outdoor kurang. cara mengatasinya bisa di cek apakah unit kotor atau tidak, jika unit kotor harus di cuci / cleaning dulu setelah itu bisa di cek ampere kompresor, tekanan freon dan di cek penyebab yang saya sebutkan diatas.

5. freon habis 

    
jika freon habis karena terjadi kebocoran pada unit, segera cari kebocoran dan perbaiki baru di isi ulang freon. sebelum di isi freon r32 pastikan di vakum terlebih dahulu karena agar pendinginan menjadi maksimal dan mesin kompresor menjadi awet.

berikut saya sertakan video tutorial tentang bagaimana cara mengatasi kode error ac sharp H3 simak di bawah ini




itulah beberapa penyebab AC sharp kode H3

rekan - rekan bisa cek satu persatu penyebab yang disebutkan di atas. semoga bisa membantu rekan - rekan dalam menangani trouble atau kerusakan ac sharp yang muncul kode H3.


salam dingin
AIRTECH AC



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar