Skip to main content

penyebab ac rumah yang sering mati sendiri berikut penjelasannya

hallo rekan pendingin, kali ini saya akan mambagikan sedikit informasi tentang kenapa ac sering mati sendiri atau ac yang berkedip pada display di indoor. Sering kami mendapat keluhan dari beberapa customer yang menanyakan pertanyaan seperti hal berikut


customer 1 : mas, ac saya tiba-tiba mati sendiri 

customer 2 : ac saya mati sendiri dan berkedip pada display 

customer 3 : ac panasonik mati sendiri dan kedip-kedip pada timer

customer 4 : ac mati sendiri dan tidak bisa di remote atau dinyalakan kembali

ac panasonic timer kedip kedip

ini sebagian pertanyaan yang hampir sama kasusnya ketika ac rumah tiba-tiba mati sendiri yang sering kami terima dari beberapa customer. untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelasannya.
kerusakan pada AC yang mati sendiri bisa disebabkan

1. thermistor
thermistor ac split

thermistor sudah tidak berfungsi dengan baik dan menurut pengalaman di lapangan hal tersebut biasa saya temukan pada ac merk panasonik dan samsung. hal tersebut karena coil maupun thermistor evaporator sudah rusak salah satunya dan menyebabkan modul pada unit melakukan protec sehingga ac tersebut langsung mati.
untuk mengatasinya bisa di coba di cabut colokan listrik nya dan di colokan kembali 5 menit kemudian. Jika ac masih mati sendiri maka thermistor tersebut harus diganti.

2. switch on off pada pcb unit tidak normal
    kerusakan seperti ini biasa terjadi pada ac merk-merk lama atau bisa dibilang yang sudah tua usia ac nya. untuk  mengatasinya biasanya melangsungkan switch on off pada pcb dengan solder. tetapi ac jadi tidak bisa di matikan atau di nyalakan dengan switch on off pada pcb modul.

3. error pada modul atau pcb
penyebab ac rumah mati sendiri

    untuk kerusakan seperti ini bisa disebabkan karena AC terkena tegangan tinggi atau voltase rendah. jika ac terkena tegangan tinggi kerusakan bisa menyebabkan modul menjadi mati total.
untuk arus normal pada unit ac yaitu 220 volt


baca juga : penyebab ac tidak dingin atau kurang dingin

4. timer indoor nyala atau aktif
     biasanya pengguna AC menyalakan timer tetapi lupa untuk mematikannya dan ketika ac mati sendiri menganggap ac tidak normal. Untuk mengatasinya cukup mematikan ac melalui remote atau bisa mereset remote tersebut.

5. motor fan indoor atau blower indoor macet dan tidak berputar
   kerusakan seperti ini sama seperti kerusakan thermistor ketika bagian dari pcb modul tidak bekerja dengan baik maka pcb modul melakukan protec dan unit indoor mati sendiri.

6. outdoor ac rusak
    ada beberapa jenis ac ketika outdoor tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan indoor unit mati sendiri karena pcb modul melakukan protec. untuk mengetahui outdoor kerusakan harus di cek part outdoor yang bermasalah seperti  tekanan freon nya apakah normal, ampare kompresor apakah masih normal, apakah kmpresor overheat, apakah blower kipas hidup atau tidak dll.

itulah sebagian penyebab kenapa ac tiba-tiba mati sendiri dan kedip-kedip pada display maupun timer nya. semoga bisa sedikit membantu para rekan dalam menganalisa kerusakan kerusakan pada unit ac.
salam dingin

AIRTECH AC
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar