--> Skip to main content

mengatasi kode error F0 di ac GREE

AIRTECH TIPS - hallo sobat selamat datang kembali ke website sederhana saya ini terima kasih telah berkunjung ya.


kode error ac gree


Artikel kali ini saya ingin membahas mengenai kode error pada ac gree. minggu lalu saya sempat mendapat order pekerjaan dari customer yang mengeluhkan bahwa ac dirumah nya itu tiba - tiba mati sendiri dan menampilkan kode F0 di displaynya.

Perlu diketahui bahwa hampir setiap unit ac saat ini ketika ada part yang mengalami kerusakan biasanya akan menampilkan kode error yang masing - masing dari setiap merk ac berbeda - beda. kode error ini sebenarnya adalah langkah pencegahan dari unit ac agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, maka dari itu unit ac akan otomatis mati sendiri.

kode error ini juga berguna untuk teknisi dalam menganalisa dan melakukan perbaikan dengan tepat sesuai kode error yang di tunjukan. namun jika kita tidak mengetahui maksud dari kode error tersebut pastinya juga akan kebingungan ya hehehe.

lanjut ke kode error F0 ac gree ini, berdasarkan info dari forum - forum teknisi dan pengalaman pribadi di lapangan kode error ini terjadi akibat thermistor yang tidak mendeteksi dingin. bisa karena freon nya kurang/kosong, kompresor mati atau kerusakan pada thermistor itu sendiri.
ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika kode error ini muncul

cara mengatasi kode error F0 di ac gree

  1. hidupkan unit ac namun jika tidak bisa di remote/ masih menampilkan kode F0, cabutlah steker dan colokan kembali 3-5 menit sampai kode tersebut hilang.
  2. lakukan pengecekan pada unit outdoor, cek apakah kompresor hidup atau tidak. jika kompresor hidup lakukan langkah selanjutnya
  3. cek tekanan freon pada unit ac, jika kosong kemungkinan besar terjadi kebocoran entah pada bagian indoor, outdoor maupun pipa instalasi. 
  4. jika sudah ketemu titik kebocorannya lakukan proses vakum terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian freon agar mesin menjadi awet dan proses pendinginan menjadi maksimal, karena untuk jenis freon R32 ini sangat dianjurkan melakukan proses vakum terlebih dahulu.
  5. lakukan pengisian sesuai tekanan dan ampere standard kompresor ketika bekerja. tekanan standard untuk jenis freon R32 adalah 150 psi s/d 160 psi dan untuk ampere bisa menyesuaikan tergantung kapasitas ac tersebut yang tertera pada nameplate di outdoor.
  6. jika tekanan freon normal tapi kode tersebut masih muncul, lakukan pengecekan pada thermistor nya apakah rusak atau tidak. pastikan juga thermistor coil mendapat dingin di evaporator.
  7. jika memang thermistornya yang rusak ganti lah sesuai thermistor tersebut tapi disarankan thermistor yang ori karena dalam beberapa kasus jika di ganti thermistor yang tidak sesuai maka kode error F0 tersebut pasti akan muncul kembali.
  8. yang terakhir jika semua di cek mulai dari thermistornya, freon nya dll tapi tetap menampilkan kode tersebut kemungkinan juga terjadi error pada mainboard/ pcb modulnya.
itulah beberapa penyebab kode error ac gree F0 dan beberapa langkah dalam mengatasinya semoga bisa membantu rekan-rekan dalam menganalisa dan memperbaikinya. salam dingin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar