--> Skip to main content

Lampu timer ac panasonic nyala terus

 Ac panasonic merupakan produsen asal jepang yang telah lama berkecimpung dalam alat elektronik rumah tangga. Selain dari ac, Panasonic juga mengeluarkan berbagai alat elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, hexos, dispenser dll. 


timer ac panasonic nyala terus,timer ac panasonic hidup terus


Dari tahun ke tahun panasonic selalu mengedepankan kualitas produk mereka agar mampu bersaing dengan brand besar lainnya terutama pada produk air conditioner/ac. salah satu fitur yang ada di ac panasonic adalah fitur self diagnosis.


Kenapa timer ac panasonic nyala terus


Timer ac panasonic yang nyala terus merupakan tanda bahwa ada part atau bagian dari ac yang mengalami kerusakan atau bekerja tidak normal. fitur ini akan aktif dan akan otomatis mematikan ac yang berfungsi agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah apabila ac tetap dinyalakan sebeum dilakukan perbaikan.


Penyebab lampu timer ac panasonic nyala terus


Berdasarkan pengalaman di lapangan ada beberapa hal yang menyebabkan lampu timer ac panasonic nyala terus diantaranya adalah

1. Thermistor rusak

thermistor atau termis berfungsi sebagai sensor otomatis untuk mendeteksi dingin pada ac. termis ac panasonic terbagi 2 yaitu thermistor suhu dan thermistor coil. termis suhu berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan semntara termis coil berfungsi untuk mendeteksi hawa dingin di evaporator. apabila salah satu termistor ini mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan outdoor yang mati hidup dengan cepat.

Harga Thermistor ac panasonic terbaru

2. freon kurang atau habis

freon adalah zat liquid yang mengalir di indoor dan outdoor yang berfungsi sebagai pendingin di ac. kenapa freon yang kurang dapat menyebabkan timer ac panasonic nyala karena di bagian indoor ac terdapat sensor yang disebut thermistor. apabila freon kurang maka zat liquid yang mengalir di evaporator tidak akan sempurna atau merata keseluruh eveaporator dan thermistor akan mendeteksi tidak adanya hawa dingin di evaporator maka thermistor akan melakukan perlindungan/proteksi dengan mematikan ac dan lampu timer akan berkedip - kedip

3. kompresor mati 

Kompresor bisa disebut sebagai jantung nya ac karena bertugas memompa refrigrant ke seluruh bagian ac tanpa adanya kompresor maka proses pendinginan tidak akan terjadi. seperti penjelasan diatas karena tidak adanya proses pendinginan maka thermistor akan mendeteksi tidak adanya hawa dingin dan akan mematikan ac secara otomatis

4. Motorfan indoor dan outdoor mati 

Pada modul atau pcb di indoor ac terdapat sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan motorfan indoor apabila motorfan ini rusak maka modul tidak akan mendeteksi speed atau kecepatan motorfan yang pasti akan otomatis mematikan unit ac. berbeda lagi dengan motorfan outdoor apabila motorfan outdoor tidak berputar maka panas dari kondensor dan kompresor tidak akan terbuang hal ini menyebabkan kompresor menjadi cepat panas dan mati. hal ini yang menyebabkan lampu timer akan menyala.

5. PCB rusak atau error

penyebab terakhir adalah pcb yang sudah error atau rusak di komponen nya. apabila setelah di cek berdasarkan penyebab diatas dan dipastikan normal semua namun timer ac ac panasonic tetap hidup terus kemungkinan kerusakan adalah pada bagian PCB nya. untuk solusi perbaikan nya adalah dengan merepair pcb tersebut namun biasanya memakan waktu sekitar 3-4hari atau dengan menggantinya dengan modul universal.

cara menghilangkan timer ac panasonic

Terkadang lampu timer panasonic hidup terus bisa disebabkan oleh pengguna yang mungkin lupa telah mengatur timer di remote ac nya. untuk mengatasinya bisa dengan menekan tombol timer off atau dengan mereset remot ac panasonic anda dengan menekan tombol kecil di remote ac anda.

selain itu bisa dengan melakukan reset di ac panasonic anda dengan cara mencabut stop kontak ac anda selama 5 menit lalu di colokan kembali. terkadang cara ini berhasil dan kemungkinan bersifat sementara saja karena diperlukan pengecekan lebih lanjut apabila lampu timer kembali menyala lagi.

itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi timer ac panasonic yang nyala terus. hal yang saya bagikan ini berdasarkan pengalaman yang saya temukan di lapangan, semoga artikel ini bisa bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar