Skip to main content

penyebab ac rumah mati sendiri yang sering terjadi

AIRTECH INFO - salah satu dari kerusakan ac rumah yang sering terjadi yaitu ketika ac rumah yang tiba - tiba mati sendiri.


penyebab ac rumah mati sendiri, timer ac berkedip, ac rumah kedip kedip


Tak bisa di pungkiri untuk saat ini memang sebuah unit AC menjadi seperti sebuah kebutuhan, apalagi untuk anda yang tinggal di kota besar dan padat penduduk. suhu udara di kota - kota besar memang bisa sangat panas apalagi ketika musim kemarau. dan salah satu solusi untuk mengusir hawa panas yaitu dengan memasang unit AC

banyak dari brand pembuat ac yang masing - masing menawarkan keunggulan dari produk mereka dan harga yang terjangkau.

namun namanya barang elektronik suatu saat pasti akan mengalami kerusakan entah karena umur dari barang elektronik tersebut, bisa juga karena kurangnya dalam perawata. seperti halnya ketika unit ac mati sendiri.

ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan tersebut, mari simak di bawah

Penyebab ac mati sendiri

ketika ac anda mengalami kerusakan ini hal yang pertama harus di cek adalah cek pengaturan pada remote ac. periksalah apakah timer pada remote pada posisi ON/ OFF karena fungsi dari timer pada remote adalah untuk mematikan unit ac secara otomatis sesuai dengan waktu yang di setting di remote.

Kenapa ac mati sendiri ? padahal timer dalam posisi OFF

jika timer di remote pada posisi off tapi ac masih mati sendiri, kemungkinan ada part pada ac yang bekerja tidak normal atau mengalami kerusakan. ada beberapa merk dan tipe ac untuk menandakan jika ada kerusakan yaitu dengan indikator timer yang berkedip - kedip di display indoor nya setelah ac mati sendiri.

seperti contohnya ac panasonic yang ketika unit ac kurang freon atau thermistor nya rusak biasanya di tandai dengan indikator timer kedip - kedip lalu ac mati sendiri dan tidak bisa di remote. selain itu ada beberapa penyebab lain yang harus di cek satu persatu setiap part dari ac tersebut seperti bagian dari indoornya dan outdoornya.

voltase listrik yang tidak stabil pun dapat mempengaruhi kinerja ac dan membuat ac bisa tiba - tiba mati sendiri.

AC mati sendiri dan indikator timer berkedip - kedip

berdasarkan pengalaman di lapangan, hal seperti ini menandakan bahwa salah satu komponen pada ac tidak bekerja dengan baik sehingga memberi sinyal ke PCB modul untuk melakukan protec dan biasanya di tandai dengan ac mati sendiri dan indikator di display berkedip - kedip.

ada beberapa penyebab yang membuat indikator pada ac berkedip - kedip diantaranya
- thermistor rusak
thermistor ini adalah sensor suhu otomatis, pada unit ac thermistor terbagi 2 yaitu thermistor suhu dan thermistor coil

- switch on/off tidak normal
switch ini adalah tombol manual untuk menghidupkan ac tanpa remote, tombol ini terletak pada pcb modul di indoor

- error pada modul/pcb
PCB modul adalah alat kontrol pada ac yang mengatur fungsi dari masing - masing komponen dan part pada unit ac

- freon kosong / kurang ( seperti kasus panasonic diatas )

- lampu timer menyala

Saat ac di hidupkan dan agak lama listrik menjadi turun

Dalam kasus kerusakan seperti ini hal yang harus di cek adalah bagian outdoor nya. lakukan pemeriksaan pada setiap bagian nya seperti motor fan outdoor, kompresor dan kapasitornya. hal ini biasa nya disebabkan karena kompresor macet maupun kompresor overheating.

kompresor yang overheating terjadi karena panas yang tidak terbuang secara sempurna atau daya listrik yang di butuhkan kompresor drop sehingga ampere kompresor menjadi tinggi dan menyebabkan mcb listrik menjadi turun.

sama seperti kompresor macet, ketika kompresor macet biasanya ampere kompresor akan langsung tinggi, hal ini di sebabkan selain dari umur kompresor bisa juga disebabkan oleh nilai dari kapasitornya berkurang.

Saat ac hidup sebentar mcb listrik langsung turun

kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh daya listrik yang kurang, pastikan kapasitas ac dirumah sesuai dengan daya listriknya. karena sering kali di temukan kasus di lapangan daya listrik dirumah tidak mencukupi untuk kapasitas ac nya.

seperti contoh daya listrik dirumah yaitu 900 watt namun anda memasang ac dengan kapasitas 1 pk dimana daya yang di butuhkan sekitar 700 - 800 watt. tentunya daya listrik ini terlalu pas - pas'an ya apalagi dirumah ada kulkas, pompa air, mesin cuci dan barang elektronik lain.

selain dari daya listrik kerusakan seperti ini bisa di sebabkan kompresor yang macet ( seperti kasus diatas ) maupun kompresor yang sudah short body.

untuk mengetahui kompresor short body adalah dengan mengukur masing - masing C R S pada terminal kompresornya apakah salah satu ada yang sudah short. 

kompresor yang short body biasanya di tandai ketika indoor ac sudah hidup dan outdoor baru hidup listrik langsung jepret / turun bisa di pastikan bahwa kompresor mengalami short body namun untuk lebih pastinya harus di cek satu persatu.

itulah hal yang sering menyebabkan ac rumah mati sendiri dan terkadang indikator pada display berkedip - kedip. semoga bermanfaat



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar