--> Skip to main content

Fungsi kompresor ac dan cara kerjanya Lengkap

fungsi kompresor ac,cara kerja kompresor ac


Salah satu alat elektronik yang berguna untuk menangkal hawa panas di rumah adalah unit AC hal ini menjadi bukti betapa canggihnya teknologi masa kini.

Pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai apa itu kompresor ac, bagaimana fungsi kompresor ac dan cara kerja kompresor ac pada mesin pendingin.

Apa itu Kompresor ac

Kompresor ac merupakan bagian dari unit ac yang berada di bagian outdoor unit. kompresor ac merupakan bagian terpenting dari unit ac karena dengan adanya kompresor maka proses pendinginan akan terjadi. Kompresor ac bisa diibaratkan sebagai jantung nya unit ac.

kompresor ac mempunyai beberapa tipe yaitu kompresor rotary, kompresor scroll, kompresor senfritunggal dan kompresor torak.

Fungsi Kompresor ac

Fungsi kompresor ac adalah memompa dan mengalirkan refrigrant dari outdoor menuju indoor begitu juga sebaliknya. Kompresor juga berfungsi untuk merubah refrigrant cair (freon) menjadi gas. freon yang berbentuk liquid akan mengalir menuju evaporator dan akan kembali lagi menuju kompresor dalam bentuk gas. Refrigrant cair yang mengalir di evaporator indoor akan membuat suhu menjadi dingin sementara refrigrant yang sudah berbentuk gas akan dialirkan ke kondensor untuk membuang hawa panas.

Cara kerja kompresor ac

Selain membahas seputar tahapan yang dilalui dalam sistem kerja AC, ada bagian lain di dalam AC yang disebut kompresor. Sebenarnya fungsi kompresor AC sudah bisa dilihat dengan jelas dari sususan katanya, yakni untuk mengubah atau meng kompresi unsur gas yang semula bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi.

Sesuai dengan namanya, kompresor AC bertugas untuk meningkatkan tekanan yang dalam hal ini adalah tekanan refrigerant/ freon, pelajari kembali fungsi refrigerant pada artikel diatas.

Cara kerja kompresor AC bisa memompa freon karena didalam kompresor terdapat motor listrik yang memiliki konsumsi daya cukup besar, seperti halnya motor dinamo listrik besar lainnya diperlukan kapasitor untuk menyalakan kompresor ini. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor nya maka akan muncul gejala AC tidak dingin.

prinsip kerja kompresor ac

Fungsi kompresor AC sama halnya seperti jantung manusia yaitu memompa gas atau cairan ke seluruh bagian AC, udara pun diubah menjadi bertekanan tinggi. Tak hanya itu saja, di dalan kompresor juga terdapat cairan refrigerant atau biasa disebut Freon yang mampu menyerap cairan panas pada ruangan untuk dibuang pada bagian unit outdoor AC.

Prinsip kerja air conditioner seperti ini sama dengan cara kerja kulkas dalam menghasilkan dingin.

Dengan mengetahui cara kerja AC maka bukan tidak mungkin jika suatu saat terjadi kerusakan ringan pada unit AC paling tidak mengetahui kemungkinan bagian mananya yang mengalami kerusakan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar