--> Skip to main content

Penyebab pengering mesin cuci yang berputar pelan

pengering mesin cuci berputar pelan


Pada mesin cuci 2 tabung terdapat 2 bagian yaitu bagian untuk mencuci dan bagian untuk mengeringkan. pengering mesin cuci juga merupakan bagian yang penting. tanpa adanya pengering mesin cuci pasti nya akan sangat repot untuk mengeringkan cucian ibu - ibu dirumah.

Kerusakan pengering mesin cuci pun sangat beragam seperti pengering mesin cuci yang berputar pelan,pengering mesin cuci yang tidak berputar, dan pengering mesin cuci yang berisik. pada artikel kali ini saya hanya membahas tentang pengering mesin cuci 2 tabung yang berputar pelan dan untuk kerusakan lain akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Penyebab pengering mesin cuci 2 tabung berputar pelan

Ada beberapa hal yang menyebabkan pengering mesin cuci berputar tidak normal atau pelan diantaranya adalah

1. Motor pengering lemah

melemahnya dinamo pengering disebabkan adanya gulungan yang mulai terbakar. untuk mengeceknya kita bisa mengunakan multitester. hubungkan masing - masing kabel dengan multitester dan perhatikan jarum multi tester apabila tidak bergerak berarti ada gulungan yang putus. jika jarum multitester bergerak itu menandakan bahwa gulungan masih tersambung

2. terlalu banyak beban pakaian yang tidak sesuai

hal ini juga dapat menjadi penyebab putaran pengering mesin cuci menjadi pelan karena banyaknya pakaian yang ingin dikeringkan yang tidak sesuai dengan kapasitas pengering mesin cuci tersebut.

3. kapasitor rusak atau berkurang nilainya

kapasitor di mesin cuci berfungsi sebagai starting dan running untuk dinamo motor mesin cuci sehingga dapat berputar. rusaknya kapasitor ini menyebabkan dinamo pengering tidak dapat berputar, kapasitor ini memiliki ukuran dan nilai yang berbeda - beda, berkurangnya nilai atau ukuran kapasitor mesin cuci menyebabkan putaran pengering mesin cuci menjadi pelan dan apabila di biarkan terus menerus akan menyebabkan dinamo pengering menjadi cepat panas.

4. Rem tidak menarik sempurna

Pada dinamo spin mesin cuci dua tabung terdapat rem sebagai penahan putaran pada saat kita membuka pintu tabung. Jika rem terlalu rapat maka kalian bisa mengukur dudukan setelan rem ke posisi agak jauh sehingga rem agak sedikit menjauh dari poly dinamo.

5. Seal rusak

Seal pada pengering berguna sebagai penahan rembesan air dari tabung dalam pengering. Bagian tengah seal seperti bulatan besi dengan lubang persis ditengah sebagai masukan ass tabung, jika bagian tengah ini agak bocor maka akan membuat aus dan menjadi karat. Jika sudah karat begini maka akan menahan putaran tabung dan membuat perputaran dinamo menjadi berat. Ini yang membuat dinamo berputar pelan.

6. Posisi pakaian tidak rata

Yang menjadi kekurangan mesin cuci manual dua tabung adalah ribetnya menggunakan pengering. Karena jika posisi pakaian yang mau di keringkan berada pada posisi yang miring atau berat sebelah, maka akan mengganggu kerja pengering tersebut. Umumnya mengeluarkan suara berisik karena benturan tabung dan membuat putaran menjadi lemah tak bertenaga. Oleh sebab itu penting sekali sobat memastikan pakaian yang akan di keringkan dalam posisi yang rata. Usahakan juga jangan terlalu banyak beban

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar