--> Skip to main content

Ciri dan penyebab kapasitor ac yang rusak

ciri - ciri kapasitor ac yang rusak

Airtech Teknik - Hallo sobat pembaca sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah mampir dan berkunjung ke website saya ini.

artikel kali ini saya ingin membahas mengenai kapasitor pada ac split. Kapasitor di ac split terbagi 2 yaitu kapasitor fan dan running kapasitor kompresor. Kapasitor ini memiliki fungsi sebagai penggerak motor kompresor dan dinamo fan. saya akan membahas satu persatu kapasitor ini

Running kapasitor kompresor 

penyebab kapasitor ac rusak

kapasitor ini terletak di bagian outdoor yang memiliki ciri seperti tabung kecil yang terhubung dengan rangkaian listrik pada outdoor. Ukuran dari running kapasitor kompresor berbeda - beda tergantung dari ukuran ac nya (PK)

Kapasitor Fan

penyebab kapasitor ac yang rusak

Kapasitor ini terletak di bagian outdoor dan indoor yang berfungsi sebagai penggerak motor fan indoor dan outdoor. ciri dari kapasitor ini seperti kotak hitam kecil yang memiliki ukuran biasanya 2 mikro untuk setiap ukuran ac. Jika di indoor kapasitor ini menempel pada modul/ pcb

Ciri - ciri kapasitor AC rusak

pada umumnya jika kapasitor mengalami kerusakan dapat dilihat dari bentuk fisik kapasitor tersebut. contoh seperti kapasitor yang menggelembung atau keluar nya cairan dari dalam kapasitor tersebut, namun ada sebagian kapasitor yang tidak mengalami perubahan  bentuk fisik , hanya ditandai dengan menurunnya nilai mikro dari kapasitor tersebut.

sebagai contoh ketika teknisi memeriksa kapasitor ac yang rusak  yang ternyata kapasitor tersebut dari segi fisik nya jika dilihat masih terlihat bagus namun ketika diukur dengan multimeter bisa diketahui bahwa kapasitor tersebut telah rusak.

cara mengukur kapasitor pada ac

gejala kapasitor ac yang rusak

Cara mengukur kapasitor ini sebenarnya sangat simple dan mudah yaitu dengan menggunakan multimeter. Anda hanya perlu mengukurnya dengan skala OHM, lalu sambungkan kedua ujung tester ke kaki - kaki kapasitor lalu perhatikan jarum pada multimeter apakah naik atau turun ?

Jika jarum multimeter naik dan langsung turun dengan cepat itu menandakan bahwa kapasitor tersebut masih bagus atau normal. 

Jika jarum multimeter tidak bergerak sama sekali atau bergerak naik namun tidak kembali turun ini menandakan bahwa kapasitor tersebut sudah rusak. Agar lebih akurat dalam pengukuran lebih bagus menggunakan alat ukur mikro yang khusus untuk mengukur nilai dari kapasitor tersebut.

Gejala yang timbul pada ac ketika kapasitor ac rusak

Pertama yang saya bahas adalah running kapasitor kompresor yang mengalami kerusakan. Berdasarkan pengalaman di lapangan ketika running kapasitor kompresor ini rusak yaitu gagalnya proses starting pada kompresor. 

Biasanya di tandai dengan kompresor yang hanya mendengung atau tidak beroperasi sama sekali, namun ada juga ketika running kapasitor ini menurun nilainya dapat menyebabkan kompresor mengalami naik ampere dan dapat menyebabkan kompresor menjadi overheat. 

kedua yaitu kapasitor fan yang mengalami kerusakan, Jika kapasitor fan ini rusak sama seperti kompresor yaitu motorfan hanya mendengung atau tidak bergerak sama sekali. Ciri lain yaitu motorfan yang berputarnya lambat atau pelan bisanya kapasitor yang nilai nya telah berkurang

Penyebab kapasitor ac rusak

1. AC yang kurang perawatan/ jarang dibersihkan

salah satu penyebab rusaknya kapasitor ac adalah karena kurang nya perawatan pada ac terutama pada bagian kondensor outdoor. kenapa hal ini bisa terjadi ? 

kondensor berfungsi sebagai pembuang panas dari ac yang di hembuskan oleh fan outdoor. jika kondensor ini kotor sehingga sirkulasi udara untuk pembuangan panas kondensor terganggu otomatis menyebabkan kinerja kompresor menjadi berat dan menyebabkan kompresor menjadi cepat panas tentu akan berimbas ke running kapasitor kompresor menjadi cepat rusak.

2. Nilai kapasitor yang tidak sesuai dengan ukuran AC

Jika nilai mikro ac yang dipasangkan tidak sesuai dengan ukuran ac dapat juga menyebabkan kerusakan karena tidak sesuai dengan kekuatan ac tersebut, usahakan nilai dari kapasitor tersebut sesuai dengan ukuran ac.

3. Voltase yang tidak stabil

ada beberapa kasus yang pernah ditemukan dilapangan ketika ac mendapat voltase tidak stabil menyebabkan kerusakan kapasitor yang paling berpengaruh adalah bagian kompresor. Jika voltase drop menyebabkan kinerja kompresor ac menjadi extra keras hal ini juga menyebabkan running kapasitor ac akan menjadi rusak. jika di biarkan maka akan membuat kompresor tersebut menjadi rusak.

4. Umur pemakaian kapasitor 

Kapasitor ini memang akan rusak karena termakan usia juga, biasanya nilai kapasitor yang berkurang karena pemakaian ac yang sudah lama.

Itulah beberapa ciri dan penyebab kerusakan kapasitor ac yang sering terjadi dan sering saya temukan di lapangan ketika memperbaiki unit ac. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat - sobat pembaca yang mempunyai ac dirumah maupun untuk rekan - rekan sesama teknisi.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar