--> Skip to main content

penyebab mesin cuci 2 tabung yang tidak mau berputar dan cara memperbaikinya

hallo rekan - rekan pembaca pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi tentang penyebab mesin cuci 2 tabung yang tidak mau berputar dan cara memperbaikinya


mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar
mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci untuk sekarang memang sudah menjadi kebutuhan dalam meringankan pekerjaan rumah tangga dalam hal cuci mencuci. Namun bagaimana jika ketika mau dipakai tiba - tiba mesin cuci tidak beroperasi dengan normal atau sedang bermasalah, pastinya kita bingung dan sedikit menjengkelkan apalagi pakaian yang di cuci sudah banyak😅.


mesin cuci ada dua jenis yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung dan untuk mesin cuci 1 tabung juga ada dua jenis yaitu front loading dan top loading yang masing - masing sudah otomatis dan dilengkapi tampilan digital. tapi untuk kali ini saya akan membahas mesin cuci 2 tabung dulu ya.

berdasarkan pengalaman di lapangan sering kali kami mendapat keluhan tentang mesin cuci 2 tabung yang tidak mau berputar. Ada beberapa penyebab mesin cuci 2 tabung tidak berputar, mari kita bahas satu persatu.


1. Periksa stop kontak listrik apakah mesin cuci mendapat supply arus listrik

2. Karet vanbelt yang sudah longgar atau usang

salah satu penyebab mesin cuci tidak berputar atau lemah putarannya adalah karena karet vanbelt sudah longgar dan usang. Anda bisa mengecek langsung pada bagian mesin, dan jika memang longar maka lakukanlah penyetelan ulang dengan cara menggeser dinamo atau lebih baik di ganti jika memang sudah terlalu longgar. Namun ketika penyetelan jangan terlalu kencang, hal ini menyebabkan gearbox bisa rusak.


3. Timer rusak

penyebab selanjutnya adalah timer yang rusak, biasanya jika timer sudah rusak maka mesin cuci tidak dapat berputar atau hanya berputar satu arah saja.
kerusakan timer ini disebabkan putusnya kabel, periksa switch selektor pada mesin tersebut apakah putus atau tidak.


4.  AS macet

AS dapat dikatakan adalah komponen paling penting pada mesin cuci, jika permasalahan ini terjadi maka sebaiknya bersihkan dinamo, namun apabila sudah dibersihkan dan masih tidak berputar, cek pada kapasitornya pakah masih bagus atau tidak juga apakah ada kabel yang putus atau tidak.

5. Kapasitor mesin cuci rusak

Nilai kapasitor yang terdapat pada mesin cuci 2 tabung memiliki dua nilai berbeda. misalnya
ukuran kapasitor mesin cuci 2 tabung
4uf dan 10uf, 6uf dan 10 uf, 6uf dan 12uf tergantung ukuran mesin cuci tersebut.

mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar

sebagai contoh jika mesin cuci menggunakan ukuran kapasitor 4uf dan 10uf. untuk ukuran 4uf ini digunakan spin motor atau motor bagian pengering, spin motor memiliki kumparan utama dan bantu. dan fungsi kapasitor 10uf ini dipasang pada bagian pencuci atau wash motor.
Untuk cek harga dan membeli kapasitor mesin cuci anda bisa cek dibawah ini
itulah beberapa penyebab jika mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar, periksalah satu persatu dari penjelasan diatas. semoga membantu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar