--> Skip to main content

penyebab outdoor ac mati hidup

hallo sobat semoga dalam keadaan yang sehat dan banyak rezekinya😁
artikel kali ini saya ingin membahas penyebab kenapa outdoor ac mati dan outdoor ac mati hidup.


salah satu kerusakan pada unit ac yaitu outdoor ac tidak hidup/mati. Ketika outdoor mati bisa dipastikan unit ac tidak akan menjadi dingin karena freon ac tidak bersirkulasi.

berdasarkan pengalaman di lapangan dan info dari rekan-rekan teknisi
ada beberapa penyebab kenapa outdoor ac mati hidup atau mati. simak di bawah gan

penyebab outdoor ac mati hidup


1. thermistor rusak


salah satu penyebab outdoor ac mati hidup adalah thermistor yang nilai resistansinya sudah berubah atau thermistor sudah rusak. untuk ac non inverter fungsi thermistor adalah sebagai otomatis ketika suhu sudah tercapai maka thermistor akan memutus arus ke outdoor dan akan hidup kembali ketika suhu ruangan sudah naik.
baca disini : fungsi thermistor pada ac split dan cara kerjanya
2. kapasitor kompresor rusak



jika kapasitor kompresor mengalami kerusakan maka kompresor tidak akan hidup. untuk mengetahui nya bisa di ukur dengan mutitester nilai dari running kapasitor kompresor tersebut. salah satu penyebab tidak dingin nya sebuah AC yaitu kompresor yang tidak hidup sehingga freon tidak bersirkulasi. perlu diketahui ukuran kapasitor berbeda-beda tergantung kapasitas AC tersebut.
baca disini : ukuran kapasitor ac berdasarkan kapasitas besaran AC(PK)
3. kompresor macet atau overheat

salah satu kerusakan yang sering terjadi yaitu kompresor yang mengalami macet dan overheat. beberapa penyebab kompresor overheat yaitu kondensor kotor, voltase listrik yang tidak stabil, penyempitan pada pipa kapiler ac, kipas outdoor ac yang lemah putarannya sehingga panas dari kondensor tidak terbuang sempurna.

itulah beberapa penyebab kenapa outdoor ac mati hidup semoga bisa membantu rekan dalam menganalisa kerusakan tersebut.

salam dingin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar