Skip to main content

AC anda tidak dingin dan hanya keluar angin saja? ketahui disini penyebabnya

Banyak hal yang menjadi penyebab AC panas, hanya keluar angin. Kita akan membahas faktor faktor penyebab  AC panas dan penyelesaiannya.


penyebab ac tidak dingin
AC yang panas bila dikenali ciri fisiknya yang banyak terlihat secara kasat mata, contohnya pipa AC yang kecil tidak dingin, pipa kecil dingin tapi pipa besar tidak terlalu dingin, tidak terdengar suara kompresor saat menyala dll. Bagian pipa kecil AC tidak dingin disebabkan oleh kompresor tidak berfungsi. Dan juga bisa disebabkan karena freon/refrigerant yang kurang. Kalau pipa besar AC tidak dingin bisa juga disebabkan karena kompresor sudah lemah.
Berikut ini faktor faktor penyebab dan cara penanganan AC yang tidak dingin hanya keluar angin.
1. Remote ac
penyebab ac kurang dingin
Settingan/pengaturan remote AC yang salah bisa menyebabkan AC tidak dingin atau hanya keluar angin saja. . Untuk mode remote AC itu biasanya memiliki mode dry, auto, dan cool. Tapi dapat juga berupa lambang. Untuk lambang alphabet nya tidak ditemukan. Jika ingin mensetting dingin Aturlah mode setting di auto atau cold. Jika dry maka tidak dingin alias hanya keluar angin saja. Karena pada settingan mode dry maka kompresor atau blower tidak hidup. Tapi jika kita setting auto atau cool itu tidak langsung dingin tapi butuh waktu beberapa menit outdoor atau kompresor AC menyala. Tapi ada sebagian merk AC bisa langsung menyala.
2. THERMISTOR AC rusak
    thermistor pada ac berfungsi sebagai pengatur suhu pada unit ac. jika suhu ruangan telah tercapai maka thermistor akan memutus arus yang menuju outdoor sehingga outdoor berhenti bekerja dan ketika suhu sudah naik maka thermistor akan bekerja kembali dan menyalakan unit outdoor namun jika thermistor sudah rusak biasanya unit outdoor akan mati hidup atau mati dan menyebabkan ac menjadi tidak dingin.
3.  freon berkurang atau habis
     Berkurangnya tekanan freon sampai batas minimal dapat menyebabkan AC tidak dingin dan hanya angin saja yang keluar. Bahkan jika freon berkurang di level bawah batas minimal bisa mengakibatkan gumpalan es yang menutupi semua permukaan evaporator, sehingga sirkulasi udara pengambilan kalori tidak terjadi, dan lama kelamaan  mengakibatkan kebocoran air di AC bagian indoor nya. Apalagi jika freon AC habis sama sekali mengakibatkan AC tidak dingin.
4.  kompresor mati atau kompresor overheat
     Kompresor sebagai jantung sebuah AC berfungsi memompa sirkulasi freon ke semua pipa instalasi AC dari kondensor sampai evaporator dan kembali ke kompresor. Jika kompresor mati otomatis tidak akan menghasilkan dingin. Untuk tanda kompresor mati kita bisa melihat di bagian outdoor ac, dari getaran outdoor AC juga terasa, jika kompresor mati maka getarannya akan sedikit halus karena hanya getaran kipas atau fan blower outdoor AC saja. Kompresor yang mati bisa disebakan karena beberapa faktor salah satu nya adalah running kapasitor yang rusak.
Itulah beberapa hal yang penyebab ac yang tidak dingin dan hanya keluar angin saja mudah - mudahan artikel ini bisa bermanfaat
Salam dingin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar