Skip to main content

hal yang menyebabkan indoor dan outdoor ac menjadi berisik

hallo para pembaca, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika menangani keluhan dari customer kami mengenai

ac rumah yang berisik di indoor maupun outdoor.


mengatasi ac yang berisik pada indoor atau outdoor
 Penggunaan Air conditioner kini sudah menjadi kebutuhan untuk saat ini. Air conditioning atau AC sangat membantu dalam menurunkan suhu ruangan sehingga membuat nyaman pengguna nya ketika suhu di luar ruangan sedang panas-panasnya 😁.
indoor maupun outdoor yang berisik kadang sangat menggangu kenyamanan ketika kita sedang mau istirahat apalagi AC juga menjadi tidak dingin. untuk itu saya akan menjelaskan sedikit apa penyebab indoor atau outdoor ac menjadi berisik.  simak penjelasannya

Penyebab AC berisik pada bagian indoor

1. motor fan indoor yang seret atau macet

motor fan indoor macet
motor fan indoor yang kotor pada bagian dalam

    pada bagian indoor terdapat motorfan yang jika dia seret akan menimbulkan bunyi yang agak berisik. biasanya ini terjadi karena di dalam motorfan bearing sudah tidak bekerja dengan baik atau kadang terdapat seperti kotoran di dalam motor fan yang membuat jalan motor fan menjadi terhambat.

2. casing indoor yang tidak mengunci
    hal ini terjadi karena casing indoor atau cover kurang rapat ketika memasang casing  atau juga karena casing yang baut nya kendor sehingga menimbulkan bunyi akibat getaran.

3. baut pengunci antara motor fan dan blower tidak kencang
    berdasarkan penagalaman di lapangan hal ini sangat jarang terjadi namun saya akan tetap menjelaskan hehehe. hal ini terjadi karena baut kecil atau biasa di sebut baut sepi pada motor fan indoor kurang kencang dalam pemasangan. baut ini terletak di dekat modul atau pcb.

baca juga : manfaat service atau cuci rutin pada ac rumah

Penyebab outdoor ac menjadi berisik

1. karet dudukan outdoor yang sudah tipis

penyebab outdoor ac yang berisik

    karet atau dudukan outdoor yang sudah tipis terjadi karena umur dari unit ac tersebut sudah bertahun-tahun. karet outdoor atau mounting terletak di bawah kompresor dan jumlah nya ada 3 di setiap kakinya. fungsi mounting atau karet dudukan adalah meredam getaran pada kompresor agar body dari kompresor tidak langsung tersentuh dengan body outdoor.

2. oli kompresor yang kurang
    oli kompresor ketika kurang atau habis tentu akan menimbulkan suara mekanis yang terjadi karena gesekan komponen mekanik di dalam kompresor. hal ini jika tidak ditangani dengan segera akan menimbulkan kerusakan yang parah dan berakibat kompresor jebol atau mati. untuk menambah oli pada kompresor dengan cara melepas kompresor .

3. mesin kompresor yang rusak
    mesin kompresor yang sudah mulai rusak biasanya juga akan menimbulkan suara yang berisik dan dibarengi dengan getaran outdoor yang cukup kuat.

baca juga : penyebab ac menetes air pada bagian indoo

4. motor fan outdoor yang sudah rusak

mtorfan outdoor macet dan berisik

    hal ini sama seperti kerusakan motor fan indoor karena bearing pada motor fan sudah kering atau motorfan sudah seret dan macet. solusi yang bisa di lakukan coba pada bearing motorfan dikasihkan pelumas agar putaran nya menjadi lancar namun apabila masih berisik maka harus di ganti motorfan nya.

demikian pembahasan mengenai outdoor dan indoor ac yang berisik semoga bisa membantu rekan-rekan dalam mengatasinya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar