Skip to main content

kode error mesin cuci samsung lengkap dengan penjelasan dan cara mengatasinya

hallo sobat artikel kali ini saya ingin membahas mengenai kode error mesin cuci samsung.
pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai mesin cuci 1 tabung yang tidak bisa spin atau berputar



mesin cuci untuk saat ini memang telah menjadi sebuah kebutuhan dan membantu meringankan pekerjaan rumah tangga dalam hal cuci mencuci. namun bagaimana apabila mesin cuci yang ingin dipakai mengalami kerusakan atau trouble pasti sangat menjengkelkan apalagi ketika cucian lagi banyak - banyaknya😅.

berbagai merk mesin cuci mulai dari SAMSUNG, LG, SHARP, POLYTRON, PANASONIC dll masing - masing mempunyai keunggulan dan kekurangan yang berbeda - beda begitu juga dalam hal kerusakan. untuk mesin cuci 1 tabung apabila mengalami kerusakan biasanya akan menampilkan kode error pada display nya yang menandakan ada komponen pada mesin cuci tidak bekerja dengan baik atau rusak.

untuk kali ini saya akan membahas kode error mesin cuci samsung tipe front loading atau top loading. berdasarkan pengalaman di lapangan dan informasi dari rekan - rekan teknisi yang saya kumpulkan informasinya.
simak berikut ini :

1. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR 1E ( Water sensor error )

    jika mesin cuci anda error 1E maka yang akan terjadi air akan terus menerus mengisi dan kalaupun bisa berhenti dan melakukan proses pencucian air kadang masih tetap mengisi. Mesin cuci samsung menggunakan sensor air untuk menentukan seberapa banyak air yang di perlukan. 

2. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR DE ( Door Error )

    kode error ini akan tampil apabila anda kurang rapat dalam menutup pintu mesin cuci. efeknya mesin cuci tidak mau berjalan dan melakukan proses pencucian. untuk memperbaikinya bisa di cek apakah pintu mesin cuci kurang rapat atau ada yang mengganjal pada pintu mesin cuci.

3. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR UE ( unbalance error )

    kode ini akan muncul apabila kehilangan keseimbangan. maksudnya adalah posisi badan mesin cuci mungkin miring atau mungkin beban di dalam tidak seimbang karena pakaian di mesin cuci meggumpal terlalu banyak.

4. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR 4E ( Water supply Error )

    kode ini terjadi karena pasokan atau aliran air yang menuju mesin cuci. jika pasokan air bermasalah entah tersumbat atau sama sekali tidak mengeluarkan air maka kode ini akan muncul

5. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR 5E ( Drain Error )

    jika kode 5E ditampilkan maka berarti ada masalah pada dengan sistem pembuangan atau pengurasan air di mesin cuci. Anda bisa mengecek saluran pembuangan apakah ada yang tersumbat atau selang air tertekuk dan pastikan pembuangan air lancar.

6. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR SUD ( Foaming detected )

    kode ini muncul karena terlalu banyak busa, baik saat pencucian maupun saat pengeringan. untuk memperbaikinya anda tidak perlu repot - repot karena kode ini hanya menunjukan informasi kepada anda.

7. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR UC ( Power Error )

    kode error yang satu ini menandakan bahwa  tegangan listrik di rumah anda tidak stabil. maka mesin cuci akan menunda proses mencuci sejenak hingga tegangan menjadi stabil.

8. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR DC ( pintu pengering kurang rapat )
    
    jika tadi diawal kode DE menandakan pintu tabung pencuci tidak rapat, maka kode DC ini berlaku pada tabung pengering. 

9. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR UB ( Tabung tidak stabil )

    kode ini menunjukan bahwa beban yang tidak merata dan seimbang dalam tabung yang mengakibatkan pemutar tidak mau berjalan.

10. MESIN CUCI SAMSUNG ERROR LE / LE1 ( water leakage )

      pada kode error ini menunjukan  beberapa kemungkinan yaitu adanya kebocoran pada selang pembuangan mesin cuci, filter pompa pembuangan yang lepas. 
    
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar