--> Skip to main content

ciri dan penyebab kerusakan PCB Modul AC

 

Mengetahui kerusakan PCB Kontrol AC

ciri kerusakan pcb ac, penyebab kerusakan pcb ac


PCB Modul kontrol AC adalah alat untuk mengatur kerja keseluruhan unit AC sama halnya dengan PCB lainya pada mesin elektronika. jika di ibaratkan PCB kontrol ac seperti otak manusia yang memerintahkan anggota tubuh untuk bergerak. 

Didalam komponen PCB kontrol ini terdiri dari bermacam macam alat elektronik, yaitu Termistor, sensor, kapasitor, IC, Trafo, fuse, saklar, relay dan masih banyak lagi alat alat lainnya. terus terang saja kalau masalah beginian nih PCB kontrol ane juga kurang faham.

biasanya bila ditemukan kerusakan pada PCB AC ini, ane langsung oper lagi ke teman yang memang ahli dalam service elektronika *itung itung bagi bagi rejeki deeehh sama temen* atau langsung saja ane ganti PCB nya dengan yang baru yaitu PCB universal made in china karena di samping harganya murah, PCB ini sangat universal sekali jadi bisa di pakai untuk segala macam merk AC yang ada saat ini. 

Cara mengetahui kerusakan pada PCB AC dan cara mengatasinya

Jika PCB rusak biasanya pada AC saat ini akan di tandai berupa kode-kode error pada displaynya, kode-kode tersebut dapat di lihat di buku manual AC unit.

biasanya pada ac split akan terlihat tanda pada displaynya lampu di indoor berkedip kedip ini menandakan bahwa pada salah satu komponen yang terdapat pada PCB ada yang error. Cara mengatasinya (50% berhasil) lakukan reset dengan cara mencabut powernya atau colokan listrik dan tunggu beberapa saat coba hidupkan lagi, jika lampu indikator pada display masih berkedip juga berarti ada kerusakan pada salah satu komponen PCB tersebut

1. Periksa fuse PCB indoor AC/sekring nya apakah masih bagus.

cara mengatasinya dengan menghubungkan ujung-ujung fuse dengan multi tester pada skala 1xohm jika jarum tidak bergerak berarti fuse sudah rusak

2. Periksa kondisi kabel-kabel pada PCB apakah ada yang putus.

karena umumnya tikus kecil/nyinying doyan sekali menggigit kabel itu.karena pada dalam beberapa kasus pernah di temukan hal seperti ini. Cara mengatasinya adalah sambung kembali kabel-kabel yang terputus tadi karena gigitan binatang tersebut dan tutup lubang pada bekas bobokan pipa agar binatang tersebut tidak bisa masuk lagi ke dalam unit ac

Jika semua cara tersebut telah dilakukan namun AC masih tetap tidak bisa nyala bisa di pastikan PCB benar benar rusak dan di vonis hukuman mati. cara mengatasinya Ganti PCB sesuai dengan merk AC tersebut order ke service center merk AC tersebut, atau dengan cara lain yaitu membeli PCB universal yang dapat di pakai untuk segala macam merk AC.

demikian sedikit penjelasan tentang kerusakan PCB ac berdasarkan pengalaman di lapangan. lebih kurangnya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian yang masih kurang jelas, maklum saja ane bukan Penulis hanya tukang service AC yang mencoba berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama, Untuk cara pemasangannya PCB mungkin lain waktu ane posting lagi mengingat belum punya gambarnya nih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar