--> Skip to main content

penyebab ac yang bocor air di bagian indoor

AC NETES AIR DI INDOOR

hai sobat pembaca balik lagi dengan saya semoga ga bosen ya hehehe. artikel kali ini saya ingin membahas mengenai penyebab AC rumah yang bocor air/menetes air.

penyebab ac yang bocor air di indoor

Air conditioner/AC untuk saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan, dulu AC hanya di gunakan pada kantor-kantor dan industri komersial namun saat ini unit AC banyak di gunakan di rumah pribadi apalagi untuk wilayah tropis seperti negara kita dimana ketika musim panas/kemarau agak sedikit lama.

berbagai merk AC saat ini juga sudah sangat banyak dan saling menawarkan keunggulan dari masing-masing produk, mulai dari yang hemat listrik sampai yang pendinginan lebih cepat. namun namanya barang elektronik apabila kurang perawatan maka pasti akan mengalami penurunan kinerja dan salah satunya yang sering terjadi yaitu ac yang netes air atau bocor air

ada beberapa penyebab kenapa AC mengalami bocor air/menetes air pada indoor simak di bawah sob

penyebab ac yang menetes air atau bocor air


1. talang air indoor / saluran pembuangan air tesumbat


penyebab indoor ac menetes air
bagian evaporator yang kotor

hal ini biasa terjadi apabila unit ac sudah terlalu kotor sehingga debu sudah masuk pada bagian evaporator karena tidak tersaring pada filter ac. debu yang masuk ke dalam evaporator ini akan berubah seperti jelly yang lama kelamaan akan menumpuk pada talang air ac dan menyebabkan penyumbatan. perlu diketahui pada bagian indoor biasanya terdapat 2 talang air, yang pertama di bawah yang tersambung ke water drain dan yang kedua pada bagian atas yaitu di belakang evaporator.

2. terjadi kondensasi pada pipa ac

penyebab indoor bocor air
kondensasi pada pipa ac

kondensasi pipa terjadi karena busa pembungkus pipa sudah tidak menyerap air atau sudah tipis. bisa juga terjadi karena pipa yang mengalami blok es pada pipanya. hal ini terjadi bisa karena kurang freon nya atau ada pipa yang tertekuk sehingga jalan refrigrant kurang lancar.

3. terjadi blok es pada evaporator/ evaporator membeku

penyebab ac bocor air di indoor
terjadi blok es pada evaporator

sama seperti halnya kondensasi pipa, hal ini bisa terjadi apabila unit ac kurang freon atau motor fan indoor berputar pelan sehingga pendinginan tidak berjalan dengan sempurna dan mengakibatkan pembekuan pada bagian evaporator. bisa juga terjadi akibat kebuntuan pada jalur refrigrant, untuk mengatasinya harus di cek satu persatu mulai dari tekanan freon, putaran motor fan nya dan mendeteksi jika ada kebuntuan pada jalur refrigrant.

4. selang air atau waterdrain sudah kropos

penyebab ac bocor air di indoor
water drain yang kropos

ini juga bisa terjadi karena pemakaian unit ac sudah lama dan ada sedikit keropos pada salah satu
bagiannya tapi berdasarkan pengalaman di lapangan terkadang selang air ini di gigit oleh tikus.  beberapa kasus yang kami jumpai selang air di gigit oleh tikus.

jika ac anda sudah mengalami tanda-tanda seperti diatas segeralah lakukan perawatan rutin karena jika di biarkan lama kelamaan ac akan menjadi kurang dingin karena debu yang masuk sudah menutupi bagian evaporator dan juga biaya listrik pasti akan naik karena ac yang kotor meyebabkan kompresor bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang di inginkan namun jika ac kotor suhu pun tidak akan tercapai.

Outdoor Netes Air Itu Wajar ?


Peletakkan outdoor di bawahnya lebih bagus kosong jangan ada barang elektronik yang tidak tahan air, karena dalam beberapa kondisi outdoor ac itu akan meneteskan air karena kondensasi. Kondensasi adalah pengembunan pada AC, terjadi karena suhu di outdoor dan suhu di udara luar berbeda cukup jauh.

Dan ini juga biasanya terjadi di outdoor karena panjang pipa refrigrant yang minim seperti 3m, karena freonnya cukup penuh, maka dari itu pipa refrigrant dibawah 3m kami sangat tidak menyarankan. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika terjadi netes pada outdoor ac, karena itu adalah hal yang wajar, dan AC itu normal tidak ada kerusakan sama sekali.

Bagaimana cara Mengatasi Kebocoran Pada AC ?


Cara Mengatasi Kebocoran pada AC, Karena kebocoran pada AC umumnya terjadi akibat tersumbatnya saluran drain di ac atau selang drain yang peletakannya kurang tepat. 

Paling gampang sih pertama cek pembuangan airnya dulu, kalau memang cuman sekedar kurang miring bisa disesuaikan sendiri, jika selang drain nya terlihat kalian bisa menggoyangkannya agar kotoran yang menyumbat bisa keluar. Tapi kalau kamu gak mau report panggil saja tukang service untuk melakukan pengecekan kebocoran.

Sementara waktu bisa ditadahin pake ember, di titik kebocorannya, supaya tidak menggenang di lantai, atau bisa menggunaan corong yang ditampung di galon sampai menunggu teknisinya datang. Kalau memang masih bisa tidak menggunakan AC lebih baik dimatikan saja, karena kalau AC dimatikan otomatis bocor akan melambat sampai berhenti. Karena air AC itu akan diproduksi terus ketika AC beroperasi.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar