Skip to main content

Mengenal bagian-bagian pada AC berikut fungsinya

hallo sobat pembaca balik lagi dengan kami airtech ac, artikel kali ini membahas tentang bagian - bagian dari air conditioner berikut fungsi dari setiap bagiannya.
perlu di ketahui pada AC mempunyai beberapa komponen yang masing - masing dari setiap komponen mempunyai fungsi yang berbeda.


air conditioner/AC terdiri dari 4 bagian yaitu komponen utama, komponen pendukung dan bagian kelistrikan. untuk penjelasan dari setiap komponen bisa simak di bawah ini yang akan di jelaskan satu persatu

berikut bagian - bagian komponen utama pada AC

1. KONDENSOR


kondensor ac split
kondensor ac split

kondensor pada AC berfungsi sebagai penukar kalor atau perubah wujud refrigrant dari bentuk gas menjadi cair dan sekaligus menurunkan suhu temperature refrigrant.
untuk mempercepat perubahan kalor, kondensor di deain berliku dan dilengkapi dengan sirip. oleh karena itu pembersihan sirip pada kondensor sangatlah penting supaya perpindahan kalor dari refrigrant tidak terganggu

2. KOMPRESOR 
kompresor ac split
kompresor ac split


salah satu komponen terpenting dalam unit pendingin yaitu kompresor. bagian ini berfungsi sebagai pusat sirkulasi bahan pendingin atau refrigrant ke seluruh bagian AC.
kompresor ini mempunya 2 katup yaitu katup tekanan rendah (low press ) dan katup tekanan tinggi ( high press )
untuk katup tekanan rendah memompa refrigrant dari evaporator ke kompresor sedangkan untuk katup tekanan tinggi memompa refrigrant dari kondensor ke kompresor.

3. PIPA KAPILER

komponen ac split
pipa kapiler

pipa kapiler ini teletak pada bagian outdoor yang mempunyai fungsi sebagai penurun tekanan refrigrant serta mengatur aliran refrigrant menuju evaporator.
penurunan tekanan refrigrant mengakibatkan terjadinya penurunan suhu. pada bagian inilah yang menyebabkan udara mencapai suhu terendah atau dingin

4. EVAPORATOR


evaporator ac split
evaporator ac split

evaporator ini terletak pada bagian indoor yang berfungsi sebagai penyerap panas dari udara dan mengeluarkan menjadi udara dingin.
bisa di sebut juga evaporator ini sebagai penukar panas. pada dasarnya udara yang berada di ruangan ber-AC diserap oleh evaporator. refrigrant yang telah di ubah melalui pipa kapiler menjadikan bagian evaporator ini menjadi dingin dan udara dingin inilah yang di hembuskan oleh evaporator dengan bantuan fan blower pada indoor.

KOMPONEN PENDUKUNG PADA BAGIAN AC 

1. STRAINER
berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh refrigrant di dalam sistem AC

2. BLOWER / KIPAS
berfungsi untuk mensirkulasikan udara kesuluruh ruangan

3. OLI KOMPRESOR 
Komponen ini berfungsi untuk melumasi bagian kompresor yang bergesekan sehingga bisa menghindari terjadinya kehausan. Selain itu juga minyak pelumas bisa berfungsi sebagai pedingin kompresor.

KOMPONEN KELISTRIKAN PADA AC SPLIT

modul pcb ac split
sumber hamimservis.com

komponen kelistrikan di ac split terdiri dari 4 bagian
- PCB/modul
- thermistor
- overload
- kapasitor 
- motor listrik

REFRIGRANT/ BAHAN PENDINGIN

freon ac split
freon ac

Bahan pendingin ini pada sebuah sistem AC merupakan sebuah zat yang mudah sekali dirubah wujudnya atau bentuknya dari gas menjadi cair, atau sebaliknya. Refrigerant atau bahan pendingin dalam sebuah sistem AC, bekerja untuk menyerap panas dari sebuah ruangan sehingga udara yang terdapat pada sebuah ruangan bisa menjadi dingin.
perlu di ketahui untuk saat ini terdapat 3 jenis freon yang dipakai pada ac split yaitu R22, R32 dan R410a yang masing-masing mempunyai karateristik yang berbeda. untuk lebih jelasnya bisa membaca artikel saya sebelumnya
pentingnya proses vakum untuk unit ac yang memakai freon R32 dan R410a 

itulah sebagian besar dari beberapa komponen yang terdapat pada ac split. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

salam dingin
AIRTECH AC

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar