--> Skip to main content

Ketahui penyebab kulkas 2 pintu dan 1 pintu tidak dingin disini

kulkas 1 pintu dan 2 pintu tidak dingin

 penyebab kulkas 1 pintu dan 2 pintu kurang dingin atau tidak dingin berikut cara mengatasinya

Saat ini kulkas sepertinya menjadi perangkat rumah tangga yang harus ada di setiap rumah.  Kulkas pun perlu perawatan tertentu agar awet dalam penggunaannya dan tidak menyulitkan ketika sewaktu-waktu rusak atau tidak dapat berfungsi secara maksimal. Kendala yang sering kali terjadi adalah kulkas tidak dingin lagi sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan di dalamnya menjadi rusak. Ketika hal ini terjadi, bagaimana mengatasinya?
berdasarkan pengalaman dilapangan, kami sering menerima keluhan mengenai kulkas 2 pintu maupun 1 pintu seperti

1. kulkas 2 pintu di freezer dingin tapi di bawah tidak dingin
2. kulkas dingin tapi tidak bisa beku
3. kulkas  tidak dingin tapi lampu menyala
4. freon kulkas habis

5. kulkas tidak dingin merata
 
umum nya ada 2 model kulkas yang digunakan sebagian masyarakat yaitu kulkas 1 pintu dan 2 pintu.
kedua model tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu menyimpan dan mendinginkan makanan.
keduanya mempunyai komponen dan cara kerja yang berbeda, namun dari segi kerusakan rata-rata hampir sama.
berdasarkan pengalaman di lapangan berikut beberapa penyebab kulkas 1 pintu maupun kulkas 2 pintu tidak dingin, simak penjelasannya :


penyebab  kulkas tidak dingin 

 

1. saluran atau instalasi refrigran buntu

Saluran freon buntu atau juga sering kita sebut dengan istilah “kulkas mampet” ini merupakan jenis kerusakan yang paling terjadi pada kulkas satu pintu, namun kadang juga terjadi pada lemari es model dua pintu.
Penyebabnya bisa karena pelumas atau olie kompresor yang naik ke jalur instalasi atau juga kotoran, karena kulkas tidak di flushing ( vacum ). Sehingga, menyebabkan jalan-nya sirkulasi gas freon tidak lancar.
yang paling sering terjadi, freon Kulkas tersebut mampet di bagian pipa kapiler atau filter. Di mana pada bagian tersebut memang memiliki lubang yang sangat kecil, sehingga jika terdapat kotoran sekecil apa pun masuk ke dalam sistem dapat mengakibatkan mampet. 
Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah Kulkas tersebut buntu atau tidak, yakni dengan menyentuh atau memegang bagian kanan atau kiri body Kulkas, atau lebih tepatnya di bagian Kondensor dan Filter.
Jika bagian tersebut kita pegang tidak terasa panas, besar kemungkinan Kulkas tersebut buntu atau sirkulasi freon-nya tidak lancar. Karena, jika Kulkas normal pada bagian ini akan terasa panas apabila kita pegang.
 

2. Tekanan freon kulkas kosong karena terjadi kebocoran 

 

Masih dengan masalah freon, penyebab Kulkas tidak dingin yang kedua yakni, karena terjadi kebocoran sehingga mengakibatkan tidak adanya gas freon di dalam unit Kulkas.
Seperti yang kita ketahui, freon merupakan bahan utama untuk proses pendinginan pada lemari es, jika ini sampai benar-benar kosong “Nol PSI” tentu kulkas tersebut tidak bisa dingin.
…yang mengakibatkan kebocoran tersebut pun bermacam-macam, bisa karena ada pipa instalasi yang keropos karena termakan usia.
Lebih parahnya, jika hal ini terjadi karena keteledoran pengguna sendiri, biasanya saat membersihkan bunga es dengan bantuan benda tajam ( pisau ), sehingga mengakibatkan Evaporator tertusuk pisau tersebut.
Padahal, cukup dengan mematikan atau mencabut colokan Kulkas, kemudian kita diamkan beberapa menit pun bunga es tersebut akan mencair dengan sendirinya.
Oleh karena itu, seringlah membaca mengenai tata cara merawat Kulkas yang baik dan benar, untuk menghindari segala kemungkinan yang akan terjadi.

3. kompresor overheat/ ampere kompresor melebihi batas maksimal

Kompresor adalah komponen utama yang membuat Kulkas bisa dingin, mesin ini pun juga memiliki kekuatan ( Ampere ) tergantung dari ukuran-nya. Jika Ampere ini naik melebihi batas maksimal-nya, berarti menandakan Kompresor tersebut sudah tidak normal.
Batas maksimal Ampere sendiri biasanya akan tertera pada Name Plate. Hal ini untuk memudahkan dan menjadi acuan Teknisi saat melakukan pemeriksaan.
Untuk mengetahuinya juga cukup gampang, biasanya hal ini ditandainya dengan suara mesin Kompresor akan terdengar sangat keras. Hal lainnya yakni, sering mati hidup, atau hanya berdengung.
Pemeriksaannya bisa dengan bantuan alat yakni Clamp Ampere ( Tang Ampere ). Maka dengan cara ini akan kita ketahui berapa nilai Ampere pada Kompresor tersebut.

 

4. terjadi masalah pada jalur kelistrikan kulkas  

 

Penyebab Kulkas tidak dingin selanjutnya yakni, adanya masalah pada jalur kelistrikan Kulkas. Misalnya, terdapat kabel atau Relay yang putus.
Biasanya hal ini terjadi pada Kulkas yang memiliki usia cukup lama dalam pemakaiannya, sehingga kabel tersebut keropos atau juga bisa karena di makan Tikus.
Tidak hanya itu, Anda pun juga harus memeriksanya pada bagian komponen Overload. Di mana komponen ini letaknya menempel pada mesin Kompresor, dan memiliki fungsi untuk menjaga suhu Kompresor agar tetap pada posisi normal.
Singkatnya, jika terjadi panas berlebih ( over heating ) pada Kompresor, Overload ini akan memutus arus yang menuju ke mesin Kompresor. Sehingga, segala kemungkian yang dapat mengakibatkan Kompresor terbakar atau korsleting dapat di cegah.
 

5. terjadi penumpukan es pada evaporator atau blok es pada kulkas

 

kulkas 2 pintu tidak dingin

Untuk masalah ini biasanya terjadi pada Kulkas 2 pintu, di mana bunga es menumpuk terlalu banyak di bagian Evaporator, sehingga menghambat sirkulkasi hawa dingin yang ke bagian bawah Kulkas.
Penyebabnya pun juga bermacam – macam, bisa karena kipas FAN yang tidak berputar, atau karena Fuse Panas ( Heater ) tidak bekerja.
Tentunya ini juga memerlukan pemeriksaan secara langsung untuk dapat mengetahui permasalahannya yang lebih detail, namun secara garis besar hal itu disebabkan oleh Fuse Panas ( Heater ) yang putus.
Fuse Panas itu sendiri memiliki peranan sangat penting pada Kulkas 2 pintu, yakni untuk mencairkan bunga es secara otomatis.
Baca juga
* penyebab ac tidak dingin
* penyebab ac rumah menetes air dari indoor
* tips menghemat listrik ketika pemakaian ac
* ciri kerusakan ac split dan cara mengatasinya 
 

6. timer tidak bekerja dengan normal 

kulkas tidak dingin

Kulkas dua pintu juga dilengkapi dengan komponen Timer, fungsi utamanya yakni untuk mengatur kelistrikan pada sistem Kulkas. Misalnya, kapan Kompresor akan bekerja, dan kapan ia akan berhenti ( stund by ) atau saatnya Heater bekerja untuk mencairkan bunga es.
Jika Timer ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, tentu dapat mengakibatkan Kulkas tidak dingin. Misalnya saja Kompresor terus bekerja sehingga terjadi pembekuan bunga es di Evaporator, atau malah sebaliknya Kompresor tidak bekerja lagi setelah stund by.
Sebenarnya masih banyak lagi masalah – masalah yang memungkinkan Kulkas tidak dingin, namun 6 jenis kerusakan yang saya sebutkan di atas adalah yang paling sering terjadi dan sering saya alami di lapangan.
Saya pun juga selalu menyarankan pembaca untuk meminta bantuan Teknisi yang sudah ahli dibidangnya jika hal-hal di atas terjadi pada Kulkas Anda. Mengingat jika Anda tidak punya keahlian pada bidang ini, dan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

pada umumnya timer kulkas ada 2 jenis yaitu timer 1-3 dan  timer 1-4 untuk menentukan apakah itu timer 1-3 atau 1-4 bisa di tes pada pin di timer dengan multitester.

7. bimetal kulkas rusak
kulkas tidak dingin

kerusakan bimetal kulkas di tandai dengan menupuknya es pada bagian evaporator sehingga menutupi bagian evaporator jika dibiarkan kompresor akan terus menurus hidup dan akan menjadi overheat/panas.

8. heater putus atau rusak

kulkas tidak dingin
heater kaca
heater evaporator










 
pada umumnya di kulkas 2 pintu heater terbagi 2 jenis ad yang heater kaca dan ada juga yang heater evaporator.
heater pada kulkas berfungsi untuk mencairkan bunga es pada evaporator agar tidak menumpuk yang disebut sebagai defrost. jika heater pada kulkas putus atau tidak berfungsi maka bunga es pada evaporator akan menumpuk dan menutupi evaporator tersebut sehingga udara dingin tidak sirkulasi dengan baik.


semoga artikel ini dapat membantu mengetahui penyebab kulkas tidak dingin dan membantu dalam menganalisa kerusakannya.
salam dingin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar