--> Skip to main content

memperbaiki ac yang bocor air di indoor

Satu di antara masalah-masalah AC yang sering terjadi pada AC di rumah atau kantor Anda adalah kebocoran air pada AC.
Kebanyakan dari kita tidak tahu mengapa ada air merembes dari AC tersebut, lalu kita tidak memperdulikannya selama berbulan-bulan, bahkan sampai bertahun-tahun.
Bila Anda sudah lama tidak melakukan servis AC, katakanlah selama 6 bulan atau bahkan lupa saking lamanya, maka kebocoran pada AC Anda adalah hal yang lumrah terjadi. Kebanyakan, kebocoran pada AC kita terjadi kurang lebih 6 bulan setelah pembelian dan setiap 3 bulan jikalau tidak diservis. Oleh karena itu keobocoran pada AC adalah hal yang hampir pasti terjadi.
Walaupun, sebenarnya rembesan air yang keluar dari AC adalah normal. Tetapi, jikalau air yang keluar dari AC terlampau banyak, makan itu merupakan AC Anda kemungkinan mengalami masalah.
Maka ada baiknya kita perlu mencari tahu apakah penyebab dari kebocoran AC. 
Dalam artikel ini, saya akan mencoba menerangkan penyebab kebocoran ac berdasarkan pengalaman di lapangan

1. Keluarnya Air yang Merupakan Bagian dari Proses
ac bocor air di indoor


Penyebab AC Bocor


Merembesnya air dari AC merupakan bagian dari proses kerja AC. Pada normalnya, AC bekerja untuk menghilangkan kelembapan pada ruangan ber-AC tersebut. 
Kemudian, kelembapan itu akan mengembun dan lalu mengalir turun serta keluar lewat saluran pembuangan di bagian bawah mesin AC. Pada umumnya, akan selalu ada cara air untuk keluar dari mesin AC tersebut.
Bila Anda melihat dan menemukan ada air yang keluar dari AC ketika AC sedang aktif, maka kemungkinan besar itu merupakan air dari proses kondensasi di AC. 
Itu merupakan hal yang normal sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, bila air yang keluar dari AC banyak dan di luar batas normal, maka ini adalah indikasi dari kebocoran pada AC Anda. Segera servis ke tukang servis ac untuk penyelesainnya.


ac bocor air di indoor


Berdasarkan pengalaman di lapangan penyebab ac bocor air pada bagian indoor dikarenakan tersumbatnya saluran pembuangan ac oleh kotoran yang bentuk nya seperti jelly kental tapi bukan agar-agar ya😄 
kotoran itu terjadi karena debu yang bercampur air sehingga membuat debu tersebut menjadi kental seperti jelly.
biasanya hal seperti ini terjadi pada unit ac yang telah lama tidak di service sehingga debu dan kotoran menumpuk pada talang dan saluran pembuangan ac tersebut.
cara memperbaikinya adalah di cuci/service dan tembak dengan air talang dan water drain nya agar jelly/kotoran tersebut keluar sehingga air menjadi lancar.

bocor air pada indoor ac terjadi juga karena kondensasi pipa pada indoor ac, hal tersebut terjadi karena busa pembalut pada pipa ac/armaplek sudah tidak menyerap air sehingga air yang tidak terserap oleh busa tersebut merembes keluar dan terjadi bocor air. selain itu bocor air pada indoor bisa sebabkan oleh blok es pada evaporator indoor, hal ini terjadi karena banyak sebab salah satunya freon yang kurang, putaran fan lemah sehingga udara dingin tidak terbuang maksimal.

ac bocor air di indoor

Bacamanfaat perawatan rutin pada ac

Pertumbuhan jamur dan penumpukan debu pada mesin AC bukanlah hal yang dapat diremehkan oleh Anda. Bila AC tidak dibersihkan dengan benar, maka jamur dapat tumbuh dan menyebar. 
Hal ini dapat menimbulkan udara yang tidak bersih dan kurang sehat. Ini bisa menggangu kesehatan kita, khususnya pada gangguan pernapasan.
Pastinya, Anda tidak menghendaki 3 hal di atas menganggu kegiatan sehari-hari Anda. Solusi paling baik ketika AC Anda mengalami masalah seperti kebocoran adalah menghibungi jasa servis AC agar dapat melakukan perbaikan. 
Karena bila kebocoran AC tersebut dibiarkan, AC kita malah tidak bisa bekerja dengan seharusnya dan lama-kelamaan dapat rusak. Dampak pada kesehatan pun dari AC yang rusakpun tidak bisa dipandang sebelah mata.
Oleh karena itu rawatlah AC Anda dengan baik, dengan cara minimal melakukan service ac atau cuci ac dengan teratur 3 bulan sekali. gunakan jasa service AC yang sudah berpengalaman di bidang sistem pendingin ruangan

AIRTECH AC 
Layanan jasa maintenance, instalation and repair  

https://api.whatsapp.com/send?phone=6289698605536&text=Halo%20Admin%20Saya%20Mau%20Order
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar